Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Januari, 2019

Tips hemat tetap kece ala anak kost

Hello readers! Hayoo, siapa disini yang masih bingung hidup ngekos, jauh dari rumah dan pengen nabung tapi susah? Uang jajan sedikit tapi gaya pengen selangit? Loh, loh, loh, jangan ambil pusing! Berhemat itu gampang kok walau kalian ngerantau. Kalau udah hemat, otomatis bisa nabung kaaaan dan pastinya gaya kalian bakal tetep kece. Eits, tapi bedain ya antara hemat dan pelit, karena ya beda tipis-tipis lah. Dan jangan lupa di niatkan dengan sungguh-sungguh ya wkwk. So, gimana sih caranya menghemat uang tapi hidup tidak merana di rantau? Nah, aku punya beberapa tips hemat ala aku untuk kalian dan semoga bisa kalian apply juga yaa, check this out! 1.       Pastikan hal apa yang paling menghabiskan uang bulanan kalian. Nah, misalnya nih kalau buat aku, makan adalah kebutuhan yang paling menghabiskan uang bulanan aku. Karena makan itu 3x sehari dan selalu di- repeat setiap hari. Kalau sudah tau bahwa “makan”lah yang paling menghabiskan uang bulanan kamu,...

Psikolog vs Psikiater, bedanya apa?

Hello readers! Hayooo siapa disini yang masih suka bilang kalau psikolog dan psikiater itu sama? Kalau ada, kalian salah! Lah, terus bedanya apa sih? Yuk simak di pembahasan kali ini. Sekilas, psikolog sama psikiater itu kelihatan sama ya, kata orang-orang sih sama-sama depannya psi- hehehe, kerja di RSJ, ngobatin orang yang sakit jiwa, terus katanya serem, bisa ikutan gila (?). Waaah, padahal gak gitu juga guys . Nah disini ada beberapa perbedaan yang aku tahu. Pertama, dari latar belakang pendidikan. Psikolog itu sekolahnya jurusan Psikologi kemudian ambil S2 Profesi psikolog. Kalau Psikiater itu Pendidikan dokter dan kemudian ambil spesialis kedokteran jiwa. Dengan begini, secara otomatis apa yang di pelajarinya juga beda. Kedua, gelarnya. Jelas beda dong, wong sekolahnya juga beda ya. Kalau psikolog itu biasanya punya gelar “M.Psi, Psikolog” kalau psikiater itu biasanya “dr. Sp.KJ”. Ketiga, tugas dan wewenangnya. Nah beda kan tuh judulnya, yang satu psikolog yang satu ...

Perjuangan masuk jurusan psikologi

Hello Readers! Setelah lama gak nulis akhirnya aku nulis lagi hehehe XD. Sekarang nih lagi musim temen-temen SMA kelas 12 yang mulai sibuk nentuin kemana ia harus menentukan untuk kuliah, jurusan apa, univ mana dan sebagainya. Nah, 2 tahun lalu aku ngalamin tuh (yah keliatan senior nih btw wkwk). Sekarang, aku mau share sedikit pengalaman aku di detik-detik yang menegangkan itu. Dari SMP (bahkan SD) aku kepengen banget jadi dokter, lebih spesifik lagi, pengen jadi dokter anak. Akhirnya saat SMA, aku niatkan masuk Fakultas Kedokteran di salah satu PTN. Dan plan B nya aku pengen masuk Psikologi. Loh? Udah punya Plan B ya? Iya dong! Awalnya gara-gara iseng doang liat di web apa bedanya psikolog sama psikiater dan akhirnya malah tertarik sama psikologi deh. Ya begitulah kurang dan lebihnya. Lanjut lagi, mendekati SNMPTN, aku nggak di rekomendasiin ke Pendidikan Dokter dan lagi menyadari nilai yang kurang bagus, akhirnya aku milih daftar Psikologi di PTN A dan PTN B (dengan predik...