Hello Readers!
Setelah
lama gak nulis akhirnya aku nulis lagi hehehe XD. Sekarang nih lagi musim
temen-temen SMA kelas 12 yang mulai sibuk nentuin kemana ia harus menentukan
untuk kuliah, jurusan apa, univ mana dan sebagainya. Nah, 2 tahun lalu aku
ngalamin tuh (yah keliatan senior nih btw wkwk). Sekarang, aku mau share
sedikit pengalaman aku di detik-detik yang menegangkan itu.
Dari SMP (bahkan
SD) aku kepengen banget jadi dokter, lebih spesifik lagi, pengen jadi dokter
anak. Akhirnya saat SMA, aku niatkan masuk Fakultas Kedokteran di salah satu
PTN. Dan plan B nya aku pengen masuk Psikologi.
Loh? Udah punya
Plan B ya? Iya dong! Awalnya gara-gara iseng doang liat di web apa bedanya
psikolog sama psikiater dan akhirnya malah tertarik sama psikologi deh. Ya begitulah
kurang dan lebihnya.
Lanjut lagi,
mendekati SNMPTN, aku nggak di rekomendasiin ke Pendidikan Dokter dan lagi
menyadari nilai yang kurang bagus, akhirnya aku milih daftar Psikologi di PTN A
dan PTN B (dengan prediksi bakal masuk di salah satunya). Guru aku sempat
rekomendasiin ke jurusan Bimbingan dan Konseling karena itu searah yakan, tapi
aku gak mau karena beneran deh aku tuh gak pengen jadi guru L
Tiba saatnya
SNMPTN, aku masuk-masukin berkas, dan segala tetek bengeknya. Tiba saatnya
pengumuman, alhasil keluarlah tanda merah dan kata-kata menghibur yang malah
bikin kesel. Sempat down dan masih sempat nyalahin “Tuh kan harusnya daftar FK
nih” (Makin gak masuk kali ah ngacok banget wkwk).
Akhirnya,
aku harus belajar keras untuk bisa lolos di SBMPTN. Buat SBM aku Cuma ambil
Psikologi UPI dan beberapa bulan doang aku harus belajar IPS (Fyi, aku SMA
jurusan IPA). Sebenarnya, aku daftar disana itu niat gak niat, karena pertama,
katnya psikologi UPI itu lebih ke pendidikannya (ya judulnya juga UPI toh hehe),
kedua, Psikologi UPI itu masuknya rumpun IPS dan aku 3 tahun belajar IPA (Walau
IPA gagal ya hehe
) , ketiga, Kampusnya deket banget sama rumah. Karena ya prinsip aku tuh kuliah sejauh mungkin biar kenal daerah orang, kan selagi muda yaa
) , ketiga, Kampusnya deket banget sama rumah. Karena ya prinsip aku tuh kuliah sejauh mungkin biar kenal daerah orang, kan selagi muda yaa
Singkat cerita,
SBM aku gagal lagi, coba di SM-UPI (karena ortu ngebet banget pengen aku ke UPI)
ternyata gagal juga. Sedih gak? Ya sedih sih, tapi ada senengnya juga karena
emang gak niat-niat amat buat ke UPI, sedihnya karena menyadari kok aku gini
aja kagak lolos yak.
Gak sampai
disitu, aku coba daftar di 2 PTS yang udah aku siapin dari jauh hari, UPH dan
UNJANI (karena gak mau sampai nganggur). Di UPH aku udah dapet undangan beasiswa sayangnya, ortu gak setuju
karena jauh dan lagi biaya hidup di kota besar yang cukup tinggi dan lebih
mendukung buat ke UNJANI. Daftar deh ke UNJANI. Disitu ada 2 tes, yang pertama
Tes potensi akademik (mirip TKPA SBM tapi gak ada system minus) dan kalau lulus
bakal ikut Psikotes (khusus jurusan Psikologi, Kedokteran Umum dan Kedokteran
Gigi).
Karena
psikologinya rumpun IPS, ketemu lagi soal IPS deh waktu TKPA dan rasanya pasrah
banget wkwk. Pas pengumuman, udah harap-harap cemas scroll pdf nya buat cari nama aku. Dan… ternyata ada! Seriously, so excited! Tapi, masih ada
psikotes nih ternyata (dan ada kelanjutan tes kesehatan juga loh).
Hari H
psikotes, ruang tesnya tepat di gedung Fakultas Psikologi. Widiiih, gedung
kuliah aku nanti nih jiahaha. Belum juga
masuk udah bangga wkwk, syukurlah untungnya aku lolos psikotes dan tes
kesehatan dengan penuh drama, yeaaay! Resmi juga jadi mahasiswa Psikologi.
Nyesel gak
sih harapan awalnya masuk FK ujungnya ke swasta dan psikologi? Eitsss… nggak
dong! Dari awal niatkan dengan tulus untuk belajar dimana pun itu. Untuk jurusan
selama masih minat, mudah-mudahan selalu bisa mengikuti dan mencintai, karena
kenal dulu nanti jatuh cinta kan. Dan sekarang sudah menuju semester 4, semakin
cinta sama Psikologi deh.
Oh iya,
jangan ngeremehin masuk PTS asal pake uang ya guys, emang dari segi ekonomi,
swasta lebih mahal tapi soal tes juga gak sembarang loh, faktanya gak sedikit
temen aku yang ke tolak huhu.. keep
spirit and fighting! dan tenang, banyak beasiswa kok.
Untuk penutup,
fapsi UNJANI punya yel-yel nih,
Psi...
siapa kita? Psi… Psikologi!
See you!
See you!
Komentar
Posting Komentar